Monday, April 30, 2012

Mobil Balap Formula 3 " Rasa Sayuran"

Mobil ramah lingkungan F1
Mobil balap Formula 3 ( F-3) ini sangat unik, kencang, dan ramah lingkungan. Beberapa komponen tertentu dari mobil ini terbuat dari sayuran. Serat sayuran dicampur dengan resin untuk membentuk bagian-bagian mobil. Setir misalnya, terbuat dari kentang dan kacang kedelai. Bisa dibilang, mobil balap ini adalah mobil pertama yang ramah lingkungan, awet dan terbarukan.

Para perancangnya memang serius dalam menggarap mobil balap ini. Mereka mengadopsi teknologi yang dipakai tim-tim Formula 1, seperti McLaren dan Ferari. Namun pilihan bahan bakrnya tak biasa: cokela. Sedangkan pelumasnya menggunakan oli berbahan dasar minyak nabati. Mesinnya dirancang untuk mampu mengolah biodiesel. dan membakar campuran bahan bakar yang terbuat dari minyak cokelat yang dimurnikan dan minyak sayur di ruang mesin. Mau tahu kecepatannya? 145 mil/jam atau sekitar 133,35 km/jam, Dahsyat!

James Meredith asal tim WorldFirst Racing Car dari Universitas Warwick, Inggris yang merancang bangun mobil balap dari sayur-mayur ini, berharapaturan lomba F-3 bisa diubah, agar timnya bisa ikut ambil bagian di musim balap mendatang. Mesin F-3 ini gagal memenuhi aturan yang berlaku karena menggunakan bahan bakar yang tidak lazim.

"Kami berharap tim F-1 akan melihat bahwa mobil balap yang ramah lingkungan ini bisa dipertimbangkan dan bukan mobil lambat. Kami pun berharap material baru yang kami gunakan ini bisa digunakan untuk mobil F-1 di masa datang." ujar Merdith
www.warwick.ac.uk

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment