Friday, April 20, 2012

Rompi Anti Peluru dari Wool dan Kevlar

rompi anti peluru kevlar
SEJAK TAHUN 1970 BAHAN KEVLAR (SERAT SINTETIS PENGGANTI BAJA0 TELAH DIGUNAKAN SEBAGAI BAHAN PAKAIAN ANTIPELURU.  Ketangguhan Kevlar menahan terjangan peluru sudah teruji. Namun ini kaku dan berat. Daya tangkal terhadap terjangan peluru akan menurun 20% dalam kondisi basah.

Untuk mengatasi masalah ini, Rajiv Padhye, ahli tekstil di Royal Melbourne Institute of Technology (RIMT) Australia mengembangkan bahan anti peluru dari campuran Kevlar dan Wosl. Ya wool. yang sering dipakai untuk bahan pakaian penghangat bada itu ternyata bisa digunakan untuk bahan campuran anti peluru.

Dengan bantuan teknologi nano (nanowire), rompi anti peluru berbahan wool dan kevlar in ibisa dibuat menjadi lebih ringan. Rajutan wool yang sangat rapat dapat mengurangi tebal kevlar. Rompi berbahan Kevlar membutuhkan 36 lapisan, sementara rompi berbahan campuran Kevlar-wool hanya membutuhkan 30 lapisan. Kekuatanya sama.

Kelebihan rompi ini, selain lebih ringan dan enak dipakai, punya daya anti peluru maksimal meskipun dalam keadaan basah. Adanya rajutan wool membuat air dapat terserap sempurna. Dengan begitu Kevlar tidak basah sehingga daya tangkalnya terhadap peluru tidak berkurang. Sayangnya, rompi anti peluru ini masih dalm bentuk prototipe. Padhye, yang bekerja sama dengan lembaga pengadaan baju tentara Australian Defence Apparel belum mendapatkan produsen yang mau memproduksi rompi antipeluru ini secara komersil.

ICanDoIt's

3 comments:

  1. Drink potion that makes Mr P men are big and straight like a monument https://www.youtube.com/watch?v=oJdjYNe2zao&t=23s

    ReplyDelete
  2. Cara membuat Mr P kuat dan tahan lama secara alami https://www.youtube.com/watch?v=jfnlH89XuTA&t=61s

    ReplyDelete