Saturday, May 5, 2012

Kaligrafi Islam

Kaligrafi Islam, Kaligrafi Islam keren,Kaligrafi Islam masa kini, sejarah Kaligrafi Islam
Kaligrafi islam mula-mula banyak ditulis diatas kulit daun lontar. Penemuan kertas di Tiongkok pada pertengahan abad ke-9 berperan cukup besar dalam perkembangan seni ini. Kertas harganya relatif murah, cukup melimpah, mudah dipotong dan di sisi teknik pewarnaan lebih mudah dari pada bahan-bahan yang dipakai sebelumnya.

Ibnu Muqla( 886-940) adalah seorang kaligraf ( pembuat kaligrafi ) terbaik pada masa awal perkembangan seni kaligrafi islam. Dia mengembangkan prinsip-prinsip geometris dalam kaligrafi islam yang kebmudian banyak digunakan oleh para kaligraf sesudahnya. Dia juga berperan mengembangkan tulisan kursif yang kemudian hari dikenalkan sebagai gaya Naskhi yang banyak dipakai untuk menulis Mushaf Alquran.

Pada hakikatnya, lukisan kaligrafi adalah ungkapan rasa religius seorang pelukis ke atas kanvas dengan bentuk huruf dan permainan warna yang mencerminkan kepribadian dan kedalaman jiwa pelukisnya.

ICanDoIt's

2 comments:

  1. setuju, kaligrafi tidak sekedak keindahan tulisan tapi indah dan membawah pelukisnya untuk semakin dekat kepada Allah dan pembaca penggemarnya yang melihat kaligrafi tersebut

    ReplyDelete