Monday, April 30, 2012

Kursi Roda Kendalikan Pikiran

Tim riset dari Universitas Zaragoza di Spanyol tengah mengembangkan kursi roda yang dikendalikan pikiran. Jadi kita tinggal memikirkan hendak pergi kemana , sang kursi roda akan langsung mengantarkan kita.

Kursi roda pintar ini merupakan gabungan antara electroencephalogram (EEG), komputer, dan kursi roda elektrik, Cara kerjanya, topi EEG diletakkan di kepala pengguna, kemudian perintah dari otak akan diproses pada perangkat lunak navigasi yang ada di komputer. Selanjutnya komputer menerjemahkan perintah dan memerintahkan kursi roda bergerak menuju tempat yang dituju.

Pengguna tidak perlu berkonsentrasi terus-menerus untuk memerintahkan kursi rodanya. Cukup memilih lokasi mana yang hendak dituju seperti melihat peta pada alat GPS. Meskipun begitu pengguna dapat juga memerintahkan kursi roda di luar sekenario navigasi yang sudah ada. Hebatnya lagi. komputer pada kursi roda ini juga dilengkapi laser scener, berfungsi untuk mendeteksi sekaligus menghindari benda- benda yang dapat mengalangi jalannya kursi roda.

Kursi roda pintar ini tentunya bakal membantu mobilitas para penyandang cacat, sakit berat dan orang berusia lanjut. Cukup dengan perintah dari otak, kursi roda langsung bekerja

www.softpedia.com

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment