Tuesday, May 1, 2012

Lensa Kontak Super

teknologi canggih 2012
Kini fungsi lensa kontak tak hanya membantu penderita rabun jauh dan rabun dekat. Atau fungsi aksesoris untuk sekadar memperindah penampilan mata pemakainya agar tampak seperti mata kucing.

Tim peneliti dari Universitas Washington yang diketuai Prof. Babak Parviz, seorang ahli teknik elektronika, kabarnya sedang mengembangkan lensa kontak yang di dalamnya terdapat sirkuit elektronik mikro. Ketika dikenakan oleh seorang pilot ataupun penendara mobil, lensa kontak ini akan menampilkan kecepatan pesawat atau kendaraan di layar virtual pada kaca helm atau kaca mobilnya. Dengan lensa kontak ini pula, saat bermain video game atau browsing internet, kita cukup menggerakkan bola mata.

Lensa kontak ini dibuat dari bahan kimia organik yang fleksibel dan tidak berbahaya, lembut, tetapi kuat ketika dipegang. Namun rangkaian elektroniknya mengandung racun dan menghasilkan panas ketika aktif. Komponen elektronik tersebut dibuat dalam ukuran nanometer dan dibalut lapisan plastik yang fleksibel.

Prototipe lensa kontak ini diujucobakan pada kelinci selama 20 menit dan tidak ada efek sampingan yang merugikan. Tapi keamanan dan keefektifan alat ini tetap dinomorsatukan. Karena itu, ia masih terus disempurnakan.

"Lensa kontak ini bukan untuk memperbaiki penglihatan, meski secara teknis bisa juga digunakan untuk itu. Rangkaian elektronik di dalamnya tidak akan mengganggu penglihatan pemakainya," ujar Parviz. Nantinya, lensa kontak ini akan dilengkapi peralatan wirless untuk komunikasi, radio frekuensi, dan solar cell.

www.news.sofpedia.com

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment