Friday, May 11, 2012

Menara Pisa Aman Sampai 300 Tahun Lagi

menara pisa, sejarah menara pisa, kekuatan menara pisa, kemiringan menara pisa, fenomena menara pisa,menara pisa, sejarah menara pisa, kekuatan menara pisa, kemiringan menara pisa, fenomena menara pisa,
Proyek stabilisasi Menara Pisa resmi selesai pada akhir Mei. "Untuk pertama kali sejak abad ke-12, menara ini berhenti kemiringanya, juga bebas dari gravitasi Bumi. Perhitungan ilmiah telah memastikan hal itu," kata Prof. Michele Jamiolkowski, ahli geologi yang telah 30 tahun m.enjadi pengawas salah satu ikon wisata Italia itu.

Menara yang alas sisi utaranya lebih tinggi 4 meter daripada alas sisi selatan, amblas sekitar 1 mm setiap tahun. Kalau tidak ditangani, tulis The Times of London pada 1990, "Sekitar tahun 2030-2040 akan ambruk.
Proyek stabilisasi dimulai pada 1990. Menara lonceng seberat 14.000 ton, yang dibangun antara 1174-1370, itu disuntuk semen pada bagian bawah pondasinya. Ikatannya dengan tanah sekitar juga disemen. Sambil memberi tekanan seberat 600 ton pada sisi utara, para insinyur menyedot tanah di bawah fondasinya. Proyek selama 12 tahun itu berhasil mengembalikan kemiringannya sekitar setengah derajat (bagian yang terangkat turun sekitar 43,5 cm). Menara delapan lantai berbahan marmer warna putih dan abu-abu itu pun sama dengan keadaan tahun 1700 dulu.
menara pisa, sejarah menara pisa, kekuatan menara pisa, kemiringan menara pisa, fenomena menara pisa,

Dianalisis selama tuhuh tahun, akhirnya disimpulkan, "Keadaan stabil. Menara Pisa tak akan goyah setidaknya sampai 3 abad ke depan," kata Jamiolkowski.

"Sebuah upacara besar akan kami adakan pada akhir musim panas nanti," kata Giuseppe Bentivoglio, direktur teknik Menara Pisa.

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment