Tuesday, May 1, 2012

Memanjat Gedung Sangat Gampang Dengan PRA

teknologi
Jika kita melihat film laga Hollywood, terlihat pasukan serbu memanjat gedung tinggi begitu cepat dengan menggunakan alat semacam mesin panjat tali. Sekarang adegan ini bukan hanya ada di film. Mesin panjat yang sesungguhnya sudah ada. Powered Rope Ascender (PRA) namanya.

Alat ini mengadopsi prinsip kerja jangkar kapal. Saat jangkar naik atau turun, rantainya tidak kusut. Begitu pula yang terjadi di PRA. Ia dilengkapi penggulung tali khusus. Saat menggulungm, alat ini berjalan diatas tali. Jika beban bertambah, lilitan tali akan bertambah pada silinder. "Disinilah tantangannya, bagaimana agar alat ini tetap terus berjalan tanpa menyebabkan tali menjadi kusut," ujar Nate Ball, mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, yang bersama tiga rekannya menciptakan alat tersebut.

Alat seberat  kg ini bertenaga baterai lithium-ion dan dapat mengangakat orang dengan kecepatan sekitar 3 m per detik. Cukup dengan memencet tombolnya. Jika dibandingka dengan lift atau elevator,mesin panjat tali ini jelas lebih cepat.

Fungsi PRA tak hanya untuk naik,  tetapi jugabuat turun. Untuk mengoperasikannya.,kita mesti menambatkan talinya terlebih dahulu. Kemudian alat ini dipasang untuk naik-turun.

PRA sangat berguna bagi regu penolong atau tim SAR saat melakukan tindakan penyelamatan di gedung-gedung tingi atau pinggir jurang yang terjal. PRA juga cocok buat tentara, polisi, dan pemadam kebakaran

www.cnn.com

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment