Thursday, May 3, 2012

Laher Memperhalus Gerak Putar

teknologi laher terbaik
Tersembunyi dari pandangan, laher amat vital bagi semua perlatan yang berputar atau bergulung seperti turbin pembangtik tenaga, gagang setir bor dokter gigi, serta motor elektrik dalam berbagai peralatan muali dari refrigerator dan pembuka kaleng, sampai hard drive komputer dan pemutar CD. Laher membantu gerakan jadi efisien dan tingkat gesekannya jadi rendah. Setiap bola laher harus betul-betul bulat, agar tak timbul kemacetan. Tapi, bagaimana cara membuatnya sebagitu bulat dan halus?

Bola laher bisa terbuat dari bahan logam, keramik atau pelastik. Beratnya mulai beberapa gram sampai ratusan kilogram. Tapi, ia memiliki tipe bentuk yang sama. Awalnya, potongan kecil kawat, lalu dipres jadi bulatan yang diinginkan. Laher ini kemudian dihaluskan permukaanya diantara dua pelat yang berat, diasah menjadi bulat sempurna dan halus dengan gerinda ratusan atau mungkin ribuan kali. Proses yang sama menghasilkan peluru senapan angin dan bola untuk pena ballpoint dan deoderan roll-o.

Akurasinya terkesan luar biasa. DI Hartford Technologies di Rocky Hill, Connecticut, 225 kg kawat diproses, menghasilkan 300.000 laher dengan diameter 0,6 cm atau 2,5 juta laher dengan diameter 0,3 cm. Kira-kira dibutuhkan waktu satu minggu untuk sekali produksi.

Terlepas dari beragamnya pemakaian, laher bisa menahan beban dan desakan yang cukup besar, karena suatu bulatan melakukan kontak pada bagian tertentu pada suatu titik. Beban besar seperti as mobil membutuhkan laher yang menggunakan silinder dan buka lagi bola, area kontaknya merupakan garis. Jika dibutuhkan friksi yang sangat kecil, maka para desainer bisa mengajukan bantalan cari

(Mark Fischetti/SA/Not)

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment