Saturday, May 5, 2012

Sehat Dengan Donor Darah

Sehat Dengan Donor Darah
Lebih baik memberi daripada menerima. Pepatah itu ternyata ada benarnya, terutama dalam ranah kesehatan manusia. Kesehatan ternyata tidak hanya didapat dari asupan makanan bergizi dan berolah raga secara teratur saja, tetapi juga dari menyumbangkan beberapa tetes darah Anda.

Menyumbang darah atau yang istilah umumnya disebut donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela. Darah yang sudah diambil akan disimpan dan dipakai untuk transfusi kepada orang yang membutuhkan.

Selain menyelamatkan jiwa seseorang, donor dara juga berguna bagi sang pendonor. Menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, serta mendeteksi penyakit adalah beberapa dari antara kegunaan donor darah bagi sang pendonor.

Oleh karena itulah dr. Yani Mulyananingsih dari PMI , mengajak generasi muda untuk memiliki gaya hidup donor darah. Kampanye ini juga merupakan usaha PMI untuk meningkatkan stok kantung darah di Indonesia. "Idealnya Indonesia memiliki stok darah sebanyak 4,5 juta sampai 4,8 juta. Namun kantung darah yang tersedia sampai akhir juni 2011 adalah 60% dari jumlah idealnya," jelas dr. Yani Mulyananingsih.

ICanDoIt's

No comments:

Post a Comment